10 Tips Membeli Laptop Bekas Online, Jangan Asal Beli Lho

10 Tips Membeli Laptop Bekas Online, Jangan Asal Beli Lho – Apakah sedang mencari info mengenai 10 Tips Membeli Laptop Bekas Online, Jangan Asal Beli Lho? Anda berada di website yang tepat, karena saat ini kita akan membahas hal tersebut.

Ayovaksindinkeskdi.id – Simak tips membeli laptop bekas yang harus diketahui. Sebelum memutuskan untuk membeli laptop bekas, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Apa saja? Simak ulasannya di artikel ini.

Laptop bekas dapat menjadi solusi tepat saat Anda membutuhkan laptop dengan harga miring. Sayangnya beli laptop bekas juga tidak bisa asal. Hal ini karena laptop bekas lebih banyak memiliki risiko dibandingkan dengan yang baru.

Terkadang, laptop bekas diam-diam menyimpan banyak masalah yang bisa menghambat kinerja dari perangkat laptop. Padahal Anda sudah terlanjur mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Agar tidak merasa ditipu, maka diperlukan sikap hati-hati yang ekstra sebelum benar-benar membeli unit laptop bekas. Nah, artikel ini akan membahas tips membeli laptop bekas yang dapat menghindari Anda dari hal yang tidak diinginkan.

10 Hal yang Harus Kamu Ketahui Saat Membeli Laptop Bekas

10 Hal yang Harus Kamu Cek Saat Membeli Laptop Bekas
Ilustrasi orang sedang menggunakan laptop (Pixabay.com/Pexels)

Pilih penjual yang aman sebelum Membeli Laptop Bekas

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah soal toko yang menjual perangkat laptop bekas.  Terlebih jika pembelian dilakukan secara online.

Anda harus tetap memastikan produk-produk yang dijualnya aman dan terpercaya. Antisipasi ini ditujukan demi menghindari hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Bila Anda memutuskan untuk membeli laptop bekas secara online, sebaiknya lihat terlebih dahulu riwayat dari pembelian yang sudah ada.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba melakukan pembelian melalui layanan pihak ketiga dari e-commerce. Pasalnya dengan membeli di toko terpercaya, Anda bisa dengan mudah mengajukan retur atau komplain jika produk tidak sesuai.

Walaupun pembelian online tidak dilarang, Anda lebih disarankan untuk membeli laptop bekas secara offline atau datang langsung ke tokonya.

Cek review dan spesifikasi laptop sebelum Membeli Laptop Bekas

Melakukan pengecekan ulasan dari laptop bekas yang ingin dibeli juga diperlukan. Terlebih melalui review, Anda dapat mengetahui keunggulan serta kelemahan dari unit yang diincar.

Ulasan terkait dengan laptop bekas kini juga sudah banyak bertebaran di internet. Anda bisa mencarinya dengan mudah di berbagai sumber.

Akan tetapi, hal tutorial yang tak boleh terlewatkan adalah mengecek spesifikasi laptop bekas tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan ukuran mengenai kesehatan dari produk yang akan dibeli 

Periksa kondisi bodi laptop

Kiat atau tips membeli laptop bekas lainnya adalah melakukan pengecekan bodi perangkat yang ingin dibeli. Sepintas, sebagian besar laptop terlihat baik-baik saja tanpa ada retakan.

Karena itu, pengguna harus hati-hati memeriksa bodi laptop. Ini demi memastikan ulang terkait dengan laptop bekas yang ingin dibeli, apakah ada rangka yang longgar, retak, atau tanda-tanda benturan.

Setelah melepasnya dari rangka, coba periksa bagian bawah badan laptop. Dari sana, Anda bisa mengetahui apakah ada sekrup yang hilang, engsel yang longgar, kipas yang rusak, atau kerusakan lainnya.

Cek kondisi layar

Buka layar untuk mengecek kondisi layar, pastikan layar dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan pada LCD.

Jangan lupa untuk memeriksa perubahan warna, kecerahan, dan piksel layar. Ini untuk memastikan bahwa layar akan tetap berfungsi dengan baik saat menyesuaikan pengaturan.

Periksa keyboard dan touchpad

Tes keypad dapat dilakukan dengan menekan semua tombol untuk melihat apakah semuanya berfungsi dengan baik. Selain itu, Anda juga dapat mengukur kenyamanan tangan saat menggunakan keyboard.

Pada touchpad, Anda dapat mengujinya dengan menggerakkan jari Anda di atasnya. Coba perbesar dengan dua jari atau gulir ke atas dan ke bawah dengan satu jari. Pastikan juga tombol kiri dan kanan mudah ditekan dan digunakan.

Periksa port dan drive CD/DVD

Jangan lupa untuk mencoba semua port USB yang tersedia termasuk headphone, port Ethernet, HDMI, slot kartu SD, CD, DVD dan input lain yang tersedia.

Pemeriksaan port juga mencakup port pengisian daya yang disertakan dengan setiap laptop. Hal ini agar Anda tidak merasa dirugikan dengan barang rusak.

Periksa koneksi nirkabel

Pastikan Anda tidak lupa untuk memeriksa apakah laptop Anda dapat terhubung ke jaringan WiFi atau jaringan hotspot lain.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mengecek fitur Bluetooth yang ada di dalam perangkat tersebut bisa digunakan atau tidak.

Sebelum Membeli Laptop Bekas Periksa speaker

Mengecek speaker juga masuk ke tips membeli laptop bekas berikutnya. Terlebih speaker laptop merupakan komponen yang penting, khususnya jika Anda menggunakan laptop untuk pekerjaan yang membutuhkan media suara.

Dalam proses pengecekan, Anda harus memastikan speaker menangkap dan mengeluarkan suara dengan benar, tidak teredam atau terdistorsi.

Periksa kesehatan baterai

Pemeriksaan kesehatan baterai ini juga menjadi tips membeli laptop bekas yang tidak tertinggal. Proses ini dapat dilakukan melalui pengaturan manajemen daya sistem operasi.

Di sana, pengguna akan diperlihatkan informasi mengenai kondisi daya baterai yang bisa ditampung untuk kesehatannya. Pastikan baterai dapat diisi dengan benar.

Cek perangkat lunaknya

Langkahterakhir yang bisa dipastikan dari laptop bekas adalah melakukan pengecekan terkait dengan software yang terpasang di dalam perangkat.

Proses ini penting karena bisa menggambarkan sistem operasi yang digunakan merupakan produk asli atau justru tiruan bahkan ilegal.

Anda dapat memeriksa dengan lisensi perangkat lunak yang disediakan di laptop Anda.

Nah itulah beberapa tips membeli laptop bekas. Jadi jangan asal beli ya agar tidak mudah ditipu!

Baca Juga:

Terima kasih telah membaca 10 Tips Membeli Laptop Bekas Online, Jangan Asal Beli Lho. Kami berharap apa yang telah kami sampaikan di atas bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan tekno selanjutnya.

Sumber:
Wikihow
Quora

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *